Profil SLB

SILAHKAN ANDA MASUK DI PROFIL SLB KARTINI BATAM



SEKOLAH LUAR BIASA KARTINI

PROFIL

Sejarah Singkat Berdirinya SLB Kartini

Dalam rangka untuk memberikan pelayanan pendidikan bagi Anak bangsa khususnya di Pulau Batam dan ini diamanatkan oleh UUD 1945 pasal 31 yang tidak membedakan anak bangsa yang normal dan yang belum mengalami keberuntungan, oleh sebab itu muncul sesosok Ibu Sri Soedarsono yang bergerak di bidang sosial.

Tidak kalah pentingnya beliau merintis Dunia Pendidikan Luar Biasa di Pulau Batam, mengingat di lapangan ada anak yang mengalami kelainan yang butuh pelayanan pendidikan.

Akhirnya pada Bulan Juli 1985 di bawah naungan panji – panji Yayasan Pembina Asuhan Bunda (YPAB) Cabang Batam mendirikan Sekolah Luar Biasa (SLB) Kartini untuk melayani anak yang mengalami kurang beruntung/Tuna yang diketuai oleh Ibu Sri Soesadarsono

Pada awal berdirinya sekolah ini menumpang pada Perpustakaan milik yayasan. Dimulai dengan murid sebanyak 3 orang kelas C (Tuna Grahita) dan seorang guru yang diambil dari alumni SPGLB Bandung (Sofyan Iskandar).

Pada tahun 1989, sekolah ini dikembangkan sehingga mempunyai fasilitas kelas A, B, C dan D (Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Grahita, Tuna Daksa)

Pada tahun 1995 oleh Ibu Ketua Yayasan, penyelenggaraan sekolah ini diserahkan dari YPAB ke YKB (Yayasan Keluarga Batam) yang bergerak di bidang pendidikan. Pengalihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan anak SLB Kartini yang berorientasi Prestasi seperti sekolah-sekolah yang dikelolanya.

Pada tahun 1998, Sekolah Luar Biasa Kartini telah mempunyai 34 orang siswa dengan 6 orang tenaga guru dan beberapa orang pekerja sosial dan tenaga sukarela.

Pada saat ini, Sekolah Luar Biasa Kartini telah mempunyai mempunyai 98 orang siswa dengan 10 orang tenaga guru, 1 pembantu sekolah dan 1 supir.




Fasilitas SLB KARTINI

Saat ini SLB Kartini telah ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) menjadi Sentra Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (Sentra PK/PLK) di Provinsi Kepulauan Riau (Surat Dikdasmen Nomor: 517/C6/DS/2006 Tanggal 06 Juli 2006).

Sebagai Sentra PK/PLK, SLB Kartini diberikan tanggungjawab untuk melaksanakan program penuntasan Wajib Belajar Sembilan Tahun. Pemerintah sendiri telah memberikan beberapa fasilitas pembelajaran, khususnya fasilitas yang berkaitan dengan pelatihan life skill dalam bidang Tata Boga, Tata Rias dan Tata Busana.

Saat ini SLB Kartini telah menmpati gedung baru di lokasi Komp. Sumber Agung Jodoh yang dilengkapi dengan sarana ICT untuk memudahkan akes ke dunia luar. Adapun fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh SLB Kartini adalah:
Ruang Belajar  
Perpustakaan  
Work Shop Keterampilan
Ruang Klinis
Ruang Bimbingan Penyuluhan
Ruang UKS
Ruang Therapy Untuk Tuna Rungu, Tuna Grahita & Tuna Daksa
Lab. Tuna Netra, Lab. Tuna Rungu, Lab. Tuna Grahita & Lab. Tuna Daksa
Musholla



Program Kegiatan
A. Penjabaran Program Kegiatan
1. Program Pembelajaran Siswa
2. Program Kegiatan Siswa
3. Program Kegiatan Guru & karyawan
4. Program Sarana/Prasarana
5. Program Humas


B. Kegiatan Pembelajaran Siswa
Kegiatan Pembelajaran Siswa merupakan inti dari seluruh program, karena dalam program ini akan ditentukan tingkat keberhasilan kita dalam melaksanakan tugas.

Proses Belajar Mengajar (PBM) mengacu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD) dari Dirjen Mendikdasmen Dit PSLB tahun 2006 yaitu :

1 Pend. Agama  
2 PPKn
3 Bhs. Indonesia  
4 Bhs Inggris
5 Matematika
6 IPA
7 IPS  
8 Seni Budaya dan Keterampilan
9 Penjaskes 
10 Program Khusus (SIBI)
11
Muatan Lokal (Komputer)

Pengaturan Waktu Belajar di SLB : 07.30 WIB s/d 12.40 WIB (Kecuali Jum’at) Kelas TK dengan 3 pelajaran setiap harinya @ 30 menit SDLB kelas I dan II 5 pelajaran @ 30 menit SMPLB dan SMALB 35 menit/jam pelajaran.

Kegiatan Pendukung Keberhasilan Proses Belajar Mengajar diantaranya adalah :

Pemantapan

Pengayaan ditujukan untuk seluruh siswa yang kemampuannya lebih dalam penguasaan materi dan juga untuk siswa yang mempunyai bakat-bakat khusus
Kegiatan Evaluasi Belajar yang dilaksanakan sesuai jadwal dengan kalender pendidikan yang ditetapkan yayasan diantaranya : Memberikan Tugas/PR, Evaluasi Belajar Semester I, Evaluasi Belajar Semester II


Kegiatan Siswa
Pembinaan Kegiatan Siswa diantaranya adalah :
Penerimaan Siswa Baru (PSB)

Awal dari seluruh rangkaian kegiatan di sekolah adalah dimulai dari Penerimaan Siswa Baru (PSB). Pada Tahun Pelajaran 2008/2009 direncanakan siswa yang dapat diterima adalah 10 orang


Pendataan ulang siswa
Peringatan Hari-hari besar
Mengikuti Lomba-lomba


Kegiatan Guru dan Karyawan

Program ini merupakan program yang ditujukan untuk Guru dan Karyawan yang ada di SLB Kartini yaitu Program Peningkatan Kemampuan Profesional Guru dan Pegawai yang diantaranya adalah mengikut sertakan guru dan pegawai dalam diklat-diklat, penataran, kursus bahasa Inggris, Pelatihan Komputer dan yang lainnya.


Kegiatan Sarana/Prasarana

Untuk mendukung kelancaran Proses Belajar Mengajar dan juga operasional sekolah maka diperlukan adanya program ini yaitu demi terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana dengan menginventarisasi ulang kebutuhan buku pelajaran/paket, buku-buku perpustakaaan dan alat-alat pelajaran, dan juga kebutuhan sarana mobiler serta sarana/prasarana lainnya.

Kegiatan Humas

Program ini bertujuan agar SLB Kartini dapat dikenal luas oleh masyarakat. Untuk mewujudkan hal ini dilakukan dengan membangun kerjasama yang baik dengan pihak lainnya diantaranya dengan meningkatkan kerjasama dengan pihak Bank, Komite Sekolah, Kwaran dan Kwarcab, PGRI dan juga dengan Dinas Pendidikan dan instansi terkait lainnya.


Program Ekstra Kurikuler
Pramuka
Renang
Pengenalan Lingkungan
Seni Tari :
Tari Persembahan
Tari Mainang
Tari Anak Kala
Tari Tanjung Katung, dan
Tari Kreasi Baru

JENIS BENTUK LAYANAN PENDIDIKAN
Tunanetra
Tunarungu
Tunagrahita
(a.l Down Syndrome)
C : Tunagrahita Ringan (IQ=50-70)
C1 : Tunagrahita Sedang (IC=25-50)
C2 : Tunagrahita Berat (IQ<25
Tuna Daksa
D : Tunadaksa Ringan
D1 : Tunadaksa Sedang
Giften
Talented

Kesulitan Belajar
Lambat Belajar
Korban Penyalahgunaan Narkoba
Indigo
Autis



Satuan Pendidikan : TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SMKLB
Sekolah Inklusif (sekolah satu atap yang mengakomodasi semua anak berkebutuhan khusus TK, SD, SMP)

Ruang lingkup sentra pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus kartini batam
SLB
Kelas Inklusif (TK,SD,SMP,SMA,SMK)
Kelas Olympiade (Akademik dan Telenta/bakat)
Kelas Keterampilan, Unit Produksi dan Kios Pemasaran
Guru (Akademik dan Keterampilan)
TIK/ICT (Teknologi Informasi Komunikasi)
Klinik Terapi
Perpustakaan

Kegiatan Belajar Mengajar :

Menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004
Kegiatan Ekstrakurikuler :
Pramuka 1X seminggu
Renang 1X seminggu
Pengenalan Lingkungan 1X seminggu
Seni Tari 1X seminggu
Olahraga Unggulan(SOIna) 1X seminggu

Keterampilan Unggulan :
Tata Boga
Tata Rias
Tata Busana
Pengembangan Keterampilan :
Sablon
Cleaning Service
Elektronika
Las
Bengkel/Otomotif

Kegiatan Tahunan :
Lomba Kreatifitas
Perayaan Hari Kartini
Pentas Seni
Widya Wisata
Kegiatan Keagamaan :
Pembinaan Budi Pekerti dan Mental Spiritual
Kunjungan ke Tempat Ibadah
Peringatan Hari Besar Agama

Kegiatan Sosial :
Kegiatan Amaliah pada bulan Ramadhan
Kunjungan ke Rumah Sejawat yang kurang mampu

KETENAGAAN
Guru

Guru yang mengajar seluruhnya berkualifikasi Pendidikan Luar Biasa dan didukung dengan Penataran dan Pelatihan di tingkat Nasional dan akan ditambah guru sesuai dengan rasio murid

Therapis/Tenaga Ahli
Speech Terapi
Pisio Terapi Okupasi Terapi
Psikolog
Dokter THT
Tenaga Ahli Komputer